Simak Pengertian dan Cara Mudah Bayar PPh Badan Yang perlu dipahami

Membayar pajak adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan oleh setiap warga negara yang baik. Pajak dikenakan kepada seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali, pajak diberikan kepada semua warga dengan tujuan sebagai pendapatan negara. Dalam hal itu, pajak digunakan sebagai uang kas negara yang dapat digunkan dalam pembangunan negara dan dalam proses untuk mensejahterakan warga negara. Penghasilan dari pajak nantuinya akan dipergunkan dalam pembangunan segala infrastruktur dan prasarana yang ada pada negara salah satunya adalah dalam pembangunan sekolah dan dalam pembangun rumah sakit. Pada hukum pembayaran pajak dapat dibedakan menjadi dua dianataranyan, wajib pajak pribadi dan wajib pajak badan. Wajib pajak pribadi diberikan kepada semua warga negara dan harus dibayar dengan batas waktu yang ditentukan. Selain itu terdapat juga wajib pajak badan, pajak jenis ini diberikan kepada sebuah lembaga atau badan usaha dengan hasil penjualan produk atau yang disebut sebagai pajak penghasilan.

Pembayaran pajak yang dilakukan setiap badan usaha garus sesuai dengan batas tempo yang ditentukan, pada batas tempo waktu pembayaran pajak badan dilakukan setahunn sekali dan pada tanggal 30 april. Pembayaran pajak badan sudah ditetapkan pada undang-undang yang mengatur temnatng hukum pembayaran pajak badan, maka apabila terdapat sejumlah badan usaha yang tidak mau membayar pajak badan atau dengan sengaja melakukan pembayaran dengan keterlambatan maka akan diberi sebuah sanksi denda sebesar 1 juta rupiah.

Dalam Pajak badan harus melalui beberapa proses salah satunya adalah pembuatan SPT. Apa itu SPT? SPT merupakan sebuah surat pemberitahuan nukti pembayaran pajak yang sudah dilakukan dan sebagai persyaratan yang diberikan direktur jendral pajak kepasa setiap badan yang sudah melakukan pembayaran pajak. SPT bisa dibuat dan ditandatangani serta di setorkan kepada kantor pajak. Namun seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat proses pembuatan SPT menjadi lebih mudah, hal itu karena sudah trersedia sebuah platform resmi dalam membuat SPT dan dapat dengan mudah melaporkan SPT kepada direktur jendral pajak serta kepada pusat. Adanya sebuah platform SPT pajak dapat menjadikan waktu lapor pembayaran pajak menjadi lebih singkat dan lebih efesien, yang menjadikan pelaporan SPT dengan mudah dan tidak memerlukan banyak waktu, terutama pada pembuatan SPT badan. Namun, bagaimana cara mengisi spt tahunan badan? Untuk mengisi spt tahunan badan ada beberapa  cara diantaranya

  • Login ke aplikasi e-SPT tahunan pph badan
  • Mengisi NPWP dengan lengkap dan sesuai dengan data diri anda
  • Melengkapi menu profil pajak
  • Lalu klik save untuk menyimpan semua data yang sudah terisi

Setelah selesai membuat profil, maka anda harus memasukkan username dan kata sandi untuk membuat SPT badan dengan beberapa cara diantaranya

  • Klik menu program kemdian anda buat SPT baru
  • Pilih tahun pajak dan status
  • Langkah berikutnya anda kilik buat

Stelah selesai membuat SPT maka anda bisa membuka SPT dengan cara

  • Klik program kemudian pilih SPT
  • Tentukan tahun pajak
  • Kemudian pilih menuh buka SPT untuk Revisi, lalu klik OK

Setelah anda selesai membuat SPT, maka akan diarahkan untuk mengisi laporan keuangan perusahaan pada umumnya. dalam lampiran awal anda akan diarahkan untyuk mengisi laporan keuangan tentang laba dan rugi serta neraca.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara dalam pembuatan dan mengisi SPT tahunan badan, tentu sangat mudah kan? dengan adanya sebuah e-SPT maka pelaporan pembayaran pajak akan menjadi lebih mudah dan praktis.