Obat sariawan memiliki jenis yang beragam. Terdapat bentuk cara pemakaian yang berbeda-beda dari setiap varian yang ada. Karena sariawan terjadi di dalam mulut, maka penggunaan obat juga bisa memiliki risiko tertelan secara tidak sengaja. Akan tetapi, tidak semua obat memiliki kandungan yang aman jika tertelan.

 

Justru, terdapat beberapa produk yang memiliki kandungan yang berbahaya jika tak sengaja tertelan ketika digunakan. Oleh sebab itu, sangat penting memilih produk untuk membantu kesembuhan dari luka sariawan yang Anda alami. Anda harus memperhatikan dengan teliti kandungan apa saja yang terdapat dalam produk yang akan Anda pilih.

 

Berikut ini Kandungan Obat Sariawan yang Aman Jika Tertelan

 

1. Sodium Hyaluronate

Sodium Hyaluronate merupakan salah satu komponen dalam obat sariawan. Kandungan tersebut mempunyai khasiat hidrasi jika dikonsumsi oleh penderita sariawan. Karena seperti yang Anda ketahui, sariawan juga bisa disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh manusia.

 

Komponen ini memiliki manfaat untuk melembapkan bagian yang terkena luka sariawan, sehingga dapat mengurangi rasa perih. Rasa perih tersebut biasanya akan terasa ketika kondisinya pada bagian yang terkena sariawan tersebut tidak memiliki kelembaban yang cukup.

 

Di samping itu, kandungan tersebut juga mempunyai khasiat sebagai healing wound effect. Khasiat tersebut akan membantu mempercepat penyembuhan pada sariawan yang Anda alami. Sehingga, jika Anda menggunakannya secara rutin dan sesuai dengan takaran, lambat laun sariawan Anda akan hilang.

 

2. Aloe Vera

Aloe vera dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membantu mempercepat kesembuhan  sariawan. Dalam produk Aloclair, terdapat kandungan akan bahan tersebut, sehingga produk ini cukup aman dikonsumsi.

 

Kandungan lidah buaya ini memiliki tiga manfaat, diantaranya antiseptik, anti-inflamasi, dan analgesik. Kandungan antiseptik akan membantu dalam membunuh kuman dan bakteri yang tumbuh dalam rongga mulut Anda.

 

Ketika bagian mulut Anda terkena sariawan, maka pada bagian tersebut akan mengalami kerusakan sel, maka kandungan anti inflamasi akan membantu mengalirkan darah pada bagian yang terkena sariawan. Sedangkan analgesik dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari luka sariawan.

 

3. Polyvinylpyrrolidone

Kandungan polyvinylpyrrolidone dalam obat sariawan memiliki fungsi untuk membentuk sebuah lapisan yang akan melindungi luka pada sariawan pada bagian mukosa dalam mulut Anda. Zat tersebut hanya akan bertahan hingga beberapa jam saja. Kandungan ini juga tidak akan terserap oleh tubuh, sehingga aman digunakan.

 

Kandungan tersebut memiliki warna putih dengan tekstur bubuk. Polyvinylpyrrolidone memiliki sifat yang dapat larut ketika bercampur dengan air ataupun pelarut yang lain. Dengan demikian, produk yang memiliki kandungan ini tergolong aman karena sifatnya yang mudah larut.

 

4. Glycyrrhetinic Acid

Cairan ini memiliki khasiat sebagai anti inflamasi terhadap sariawan yang Anda alami. Pada bagian rongga mulut yang terkena sariawan biasanya dapat mengalami pembengkakan. Cairan inilah yang dapat menghambat pembengkakan tersebut.

 

Di samping itu, Glycyrrhetinic Acid juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan ketika mengalami sariawan. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu terganggu dengan sariawan yang sedang Anda alami.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa obat sariawan akan tetap aman jika tertelan dengan kondisi tertentu, yakni kandungan yang dimiliki obat tersebut tergolong aman seperti 4 contoh kandungan yang telah disebutkan sebelumnya. Keempat komponen tersebut terdapat dalam produk Aloclair, sehingga Anda tak perlu khawatir ketika menggunakan produk ini.