Masyarakat Indonesia mungkin sudah banyak mendengar istilah peer to peer lending. Istilah ini sendiri muncul dan berkaitan dengan dana pinjam meminjam. Lalu sebenarnya  apa itu peer to peer lending? Peer to peer lending atau yang sering disingkat dengan P2P Lending merupakan sebuah pelayanan dari jasa keuangan yang menyelenggarakan pertemuan antara seorang penerima dan peminjam dana. Dalam penyelenggaraan peer to peer lending sendiri dilakukan melalui sistem elektronik dengan bantuan jaringan internet dengan suatu sistem perjanjian pinjam-meminjam tertentu sesuai yang telah disepakati.

Seperti yang kita ketahui tentang pengertian fintech, sistem yang digunakan dalam penyelenggaraan peer to peer lending sendiri menggunakan teknologi informasi. Peer to peer lending sendiri merupakan sebuah badan hukum Indonesia yang menyediakan, mengelola, serta mengoperasikan suatu layanan pinjam meminjam.  Layanan peer to peer lending sendiri banyak dipilih oleh masyarakat karena sudah diawasi langsung oleh OJK. Oleh karena itu dalam POJK (Peraturan OJK) sendiri sudah terdapat peraturan mengenai P2P.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada banyak layanan penyedia P2P lending. Salah satunya yaitu PT Amartha  mikro fintek. Amartha merupakan salah satu pionir fintech atau yang disebut dengan financial technology  peer to peer lending landing  di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Amartha bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk melakukan dana pinjam meminjam. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh PT Amartha Mikro Fintek ini. Beberapa hal yang bisa Anda dapatkan ketika bergabung dengan Amartha yaitu sebagai berikut ini:

  1. Keuntungan Yang Menarik

Berbeda dengan apa itu deposito, di Amartha Anda dapat mendapatkan keuntungan yang mencapai 15% per tahunnya. Cash flow dari Amartha sendiri dapat diberikan secara mingguan. Dan yang menarik adalah pembayaran angsuran ini dapat diambil kapanpun oleh Anda.

  1. Aman Dan Terpercaya

Amartha merupakan penyedia layanan peer to peer lending yang sudah memiliki izin usaha serta diawasi langsung oleh OJK. Tentunya ini menjadi salah satu layanan peer to peer terbaik dan  terpercaya dengan adanya izin usaha. Sistem yang diterapkan oleh Amartha sendiri memiliki pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan. Selain itu adanya jaminan pendanaan dengan asuransi juga membuat Amartha menjadi lebih aman terpercaya.

  1. Dampak Sosial

Amartha juga memiliki tujuan yang kuat yaitu untuk meratakan kesejahteraan merata yang ada di Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat berdampak baik terhadap sosial masyarakat Indonesia. Karena dana-dana yang diberikan para investor di Amartha dapat disalurkan secara langsung kepada para pengusaha kecil dan mikro yang ada di pedesaan. Oleh karena itu para pengusaha yang ada di pelosok negeripun dapat mendapatkan modal untuk usahanya.

 itulah beberapa hal yang bisa anda dapatkan ketika bergabung langsung dengan Amartha. Di dunia peer to peer lending  seseorang dan atau badan hukum yang menerima pinjaman dan memiliki utang karena telah menyepakati adanya perjanjian layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi disebut dengan borrower. Sedangkan investor adalah istilah dari pemberi pinjaman yang bisa berupa seseorang dan atau badan hukum yang tentunya juga terikat karena adanya perjanjian pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dan memiliki piutang tertentu.