Sinopsis Ikatan Cinta Episode 5

Pada Seri Ikatan Cinta episode 5, Andin berhasil melahirkan sang anak dengan selamat. Setelah itu, ia langsung menelepon Nino dan memintanya untuk mengurus sang anak. Sayangnya, Nino langsung menolak dan tidak mau mengakui keberadaan anak tersebut karena menurutnya, anak tersebut bukanlah darah dagingnya, melainkan darah daging Roy. Andin yang tidak terima langsung menantang Nino untuk melakukan tes DNA. Saat itu, Nino ternyata sudah menikah lagi dengan Elsa. Sebenarnya, pernikahan mereka tidak mendapatkan restu dari papa Surya yang beranggapan bahwa Nino menceraikan Andin secara sepihak. Namun, mama Elsa tetap membela anaknya, ditambah lagi dengan kedua orang tua Nino yang sudah merasa Elsa sangatlah tepat untuk menjadi pendamping Nino.

Kemudian, setelah melahirkan, akhirnya Andin membawa anaknya ke sel tahanan. Ia dan teman sekamarnya menatap bahagia bayi tersebut. Temannya bertanya, apakah suaminya tidak mau merawat sang anak. Setelah mendengar penjelasan Andin, sang teman langsung berpikir bahwa suami Andin sengaja membuat alasan atau bisa juga merasa malu atas kejadian yang menimpa Andin. Andin pun bilang ke temannya bahwa ia sedang berusaha menghubungi keluarganya untuk meminta mereka mengurus sang anak.

Setelah itu, Elsa datang ke rutan untuk bertemu dengan Andin. Ia juga menceritakan pada Andin bahwa sang ayah sedang tidak dalam kondisi yang sehat, ia stroke karena terlalu banyak memikirkan Andin. Elsa meminta Andin untuk menyerahkan anaknya pada Elsa agar bisa diurus di rumah. Apalagi, ada oma opa yang tentunya sangat senang bertemu dengan cucunya. Andin kemudian bertanya bagaimana dengan anak yang dikandung Elsa. Elsa menjawab bahwa dirinya telah mengalami keguguran. Setelah itu, Andin dengan berat hati harus berpisah dengan sang anak. Elsa memberitahu Andin bahwa ia akan merawat sang anak, namun Andin tidak boleh terlalu banyak bertanya kepada papa dan mama.

Setelah berkunjung ke rutan, Elsa ternyata malah membawa sang anak untuk diserahkan ke panti asuhan. Menurutnya, hal tersebut adalah pilihan terbaik agar Nino juga tidak perlu mencari-cari anak tersebut lagi. Sementara itu, Nino ternyata selalu terpikir atas tantangan Andin untuk melakukan tes DNA sehingga ia akhirnya datang berkunjung ke lapas dan menemui Andin. Andin sangat merasa senang dan memberi tahu Nino bahwa Elsa sudah membawa anak tersebut. Nino kemudian bertanya kepada Elsa, namun Elsa menyatakan bahwa anak tersebut diletakkan di panti asuhan. Nino terkejut dan bertanya mengapa begitu, padahal Nino ingin melakukan tes DNA.

Dengan segala daya upaya, Elsa meyakinkan Nino bahwa secara golongan darah, anak tersebut bukanlah anak Nino dan Andin. Hal inilah yang membuat Nino akhirnya percaya. Ternyata fakta bahwa anak Andin diserahkan ke panti asuhan juga telah terdengar oleh Aldebaran. Ia merasa sangat marah dengan Andin dan keluarganya yang tega membuang anak tidak berdosa. Padahal, semua ini adalah perbuatan Elsa. Ketika ditanya oleh kedua orang tuanya mengenai anak Andin, Elsa malah mengatakan bahwa anak tersebut sudah meninggal karena lahir prematur dan cenderung tidak kuat. 

Setelah 3,5 tahun, Andin bebas karena dianggap berperilaku baik dan mendapatkan remisi. Ia langsung pulang ke rumahnya, namun mendapati fakta bahwa suaminya telah menikah dengan adiknya sendiri. Bukan hanya itu saja, Elsa juga memberitahu padanya bahwa Nindy (anak Andin) telah meninggal tidak lama setelah Andin menyerahkannya pada Elsa.