Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) telah didirikan pada tanggal 14 Desember 1983 oleh sepasang suami istri yang bernama Paulus Tumewu dan Tan lee Chuan, saat itu bertempat di Ujung Pandang (Makasar). Pada tahun 1978 pertama didirikan sebuah outlet perintis yang diberi nama “Ramayana Fashion Store” yang bertempat di Jl. H.Agus Salim, Jakarta Pusat yang akhirnya dikenal dengan nama R1. RALS, outlet pertama ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1983. Kantor pusat Ramayana berlokasi di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 220 A-B, Jakarta 10250 Indonesia. Telp : (62-21) 391-4566, 315-1563, 310-6653 (Hunting), Fax : (62-21) 3193-4245.

PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk telah terpilih menjadi perusahaan dengan manajemen terbaik kedua dikawasan Asia pasifik pada majalah Asia money pada edisi desember tahun 2000. Kepemilikan saham dari Ramayana Lestari Sentosa Tbk adalah PT Ramayana Makmur Sentosa (induk usaha terakhir) dengan persentase kepemilikan yaitu sebesar 55,88%, Paulus Tumewu dengan presentasi kepemilikan sebesar 3,66%, dan 40,46% saham dimiliki oleh Free float.

Ruang lingkup kegiatan dari Ramayana Lestari Sentosa Tbk ini adalah bergerak dalam perdagangan umum yang menjual berbagai macam barang seperti pakaian, aksesoris, tas, sepatu, kosmetik, dan produk-produk kebutuhan sehari-hari melalui sebuah gerai yang serba ada yaitu Ramayana Supermarket (Departement Strore). Pada tahun 2015 jumlah gerai yang telah dioperasikan oleh RALS terdiri dari 116 gerai dengan nama Ramayana berjumlah 106 gerai, Robinson dengan jumlah 7 gerai, dan Cahaya dengan jumlah 3 gerai. Ramayana Lestari Sentosa Tbk juga bergabung dalam anggota organisasi SPAR International BV yaitu mulai tanggal 1 September 2014.

Pada tanggal 26 juni 1996, Ramayana Lestari Sentosa Tbk telah memperoleh pernyataan yang efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan penawaran umum perdana saham Ramayana Lestari Sentosa Tbk kepada masyarakat yaitu sebesar 80.000.000 dengan nilai nominal yaitu sebesar Rp. 500,- per saham dengan harga peanwaran sebesar Rp. 3.200,- per saham dan saham-saham tersebut juga telah dicatatkan pada bursa efek indonesia atau BEI yaitu pada tanggal 24 juli 1996.

Usaha perdagangan barang ini pada awalnya beroperasi di DKI Jakarta yang merupakan kawasan yang memiliki industri, pekerja, dan juga konsentrasi penduduk serta telah beroperasi di Jawa. Rencananya setelah pemasaran di kawasan ini nanti berkembang, RALS akan mulai melirik sentra-sentra sekunder, yang mana pada prinsipnya akan mengarah ke kawasan-kawasan yang memiliki usaha sumber daya alam seperti pertambangan dan energi atau usaha komoditas seperti perkebunan kelapa sawit, kayu, dan karet yang memiliki konsentrasi pekerja bergaji dan sebagai kawasan ‘baru’. Di kawasan seperti itu, Ramayana tidak akan bersaing dengan retail lain.

 Visi dari Ramayana Lestari Sentosa Tbk yaitu Ramayana Lestari Sentosa Tbk akan  bertekad untuk memperkuat posisinya sebagai peritel terbesar yang ada di negara Indonesia dan juga menjadi peritel yang paling menguntungkan di sektornya dengan mengendalikan biaya, meningkatkan layanan pelanggan, pengembangan sumber daya manusianya, dan juga akan mempertahankan hubungan saling menguntungkan antara pemasok dan juga rekan bisnis sehingga terciptalah tujuan akhir dari Ramayana Lestari Sentosa Tbk adalah untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.

Sedangkan misi dariRamayana Lestari Sentosa Tbk yaitu Ramayana Lestari Sentosa Tbk  adalah rantai perusahaan ritel yang telah berkomitmen untuk melayani kebutuhan menengah rendah dan berpenghasilan rendah segmen dengan cara  menyediakan berbagai nilai untuk uang dan juga barang dagangan layanan pelanggan yang sangat baik dan berkualitas.