Samakah Manfaat Minyak Kayu Putih dan Telon?

Minyak telon menjadi salah satu produk andalan bagi para ibu untuk digunakan pada bayi, manfaat umum yang diketahui banyak orang dari minyak telon adalah untuk memberi kehangatan pada bayi dan mencegah gigitan nyamuk. Namun, banyak juga ibu yang menggunakan minyak kayu putih yang dipercaya memiliki fungsi sama seperti telon.

Lalu, apakah kedua minyak ini memiliki fungsi yang sama? Sebenarnya, baik minyak kayu maupun telon memiliki manfaat serupa, tapi tidak benar-benar sama.

Perbandingan Antara Minyak Kayu Putih dan telon

Jika ditelusuri dengan baik, minyak kayu putih dan telon memiliki perbedaan. Keduanya memiliki perbandingan masing-masing dan manfaatnya berbeda bagi bayi. Mari simak perbandingan antara keduanya.

1.     Komposisi

Patut Anda ketahui bahwa minyak kayu putih dan telon memiliki komposisi yang berbeda, walaupun keduanya diperlukan untuk membuat si kecil merasa nyaman dan terlindungi. Telon yang sering Anda temukan di pasaran terbuat dari 3 bahan alami, yaitu minyak kelapa, minyak adas, dan minyak eucalyptus.

Untuk minyak kayu putih terbuat dari hasil ekstraksi pohon melaleuca cajuputi yang didapatkan dari proses penyulingan. Ada pula yang terbuat dari cengkeh, mentol, dan minyak esensial.

2.     Manfaat

Minyak telon dan minyak kayu putih seringkali dianggap memiliki manfaat yang sama, padahal keduanya akan memiliki manfaat berbeda tergantung dari kandungan di dalamnya. Misalnya telon merupakan minyak yang dapat diandalkan untuk menghangatkan tubuh bayi dan melindungi dari gigitan nyamuk, serta mengatasi gangguan pernapasan dan kembung.

Minyak kayu putih memiliki fungsi yang hampir sama, untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh, membantu mengurangi pusing, kembung, dan menghilangkan rasa nyeri akibat infeksi. Banyak juga yang menggunakan minyak kayu putih sebagai pereda masalah pernapasan.

3.     Aroma dan Tekstur

Dari segi aroma minyak kayu putih memiliki aroma lebih pekat dibandingkan telon dan menimbulkan rasa lebih panas ketika dioleskan pada kulit. Inilah sebabnya, telon lebih diandalkan digunakan pada bayi dibandingkan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih lebih cepat meresap saat dioleskan pada kulit karena teksturnya lebih cair dibanding telon yang bertekstur lebih kental dan licin sehingga membutuhkan waktu untuk meresap ke kulit.

4.     Perhatikan Penggunaan

Ketika menggunakan minyak kayu putih atau telon, Anda harus memperhatikan tingkat konsumsinya. Terutama pada bayi jangan menggunakan terlalu berlebihan dan hindari area sensitif seperti mata atau luka pada kulit sebab akan mengakibatkan rasa perih sehingga membuat anak rewel.

Perhatikan pula tanggal kadaluarsa produk, sebab produk yang berada dekat tanggal kadaluarsa atau sudah berbulan-bulan dibuka penutupnya memiliki daya guna yang telah menurun.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja perbedaan dari minyak kayu putih dan telon sehingga dapat lebih baik dalam penggunaan keduanya. Untuk Anda yang memerlukan berbagai produk dan perlengkapan bayi, Orami menyediakan bermacam perlengkapan yang Anda perlukan. Mulai dari minyak telon, pakaian bayi, hingga beragam perlengkapan lainnya bisa Anda dapatkan dengan melakukan pemesanan online.