Menghadapi resesi ekonomi yang terjadi di dalam negeri seperti sekarang ini, maka ada beragam upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi hal tersebut. Diantaranya adalah memulai sebuah bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Karena sekarang ini hanya mengandalkan penghasilan pokok pastinya tidak akan cukup, mengingat kebutuhan hidup yang semakin naik ditambah lagi dengan banyaknya potongan gaji disebabkan oleh perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan.

 

Hanya saja modal yang harus dikeluarkan untuk memulai sebuah bisnis juga tak bisa dikatakan kecil. Tak jarang diantaranya yang harus menjual aset atau dengan meminjam uang. Diantaranya adalah mengambil pinjaman online terbaik. Istilah yang tentunya sudah tidak begitu asing bagi Anda bukan. Produk pinjaman semacam ini memang umum ditawarkan. Karena makin banyak diantara lembaga keuangan yang menerbitkan produknya kepada masyarakat.

 

Hanya saja seperti yang diketahui bahwa memang banyak diantara lembaga keuangan online ini yang tidak dapat dipercaya. Karena sebagian besar diantaranya tidak memenuhi kriteria keamanan. Sehingga sangat merugikan bagi nasabah, diantaranya resiko yang sangat mungkin dialami nasabah jika seandainya salah dalam memilih lembaga penerbit pinjaman ini adalah:

 

  1. Bunga yang tinggi, bunga yang semakin tinggi tentunya akan sangat membebani Anda, karena bagaimanapun hutang juga akan berkali-kali lipat lebih besar dari sebelumnya.
  2. Teror dari debt collector, bahkan sekarang ini banyak penagih hutang yang tidak tanggung-tanggung akan memberikan kekerasan secara fisik dan juga psikis kepada debitur, jika seandainya tak kunjung membayar hutang tersebut.
  3. Penyalahgunaan data pribadi, semua data yang masuk kedalam lembaga tersebut nantinya akan digunakan untuk mengancam debitur mereka.

 

Untuk itu penting sekali bagi Anda dalam mengenali beberapa kriteria pinjaman online yang terpercaya berikut ini, yaitu:

 

  1. Memiliki alamat kantor dan nomor yang dapat dihubungi, hal pertama yang harus diketahui adalah keberadaan dari kantor cabang lembaga tersebut, termasuk juga nomor yang dapat dihubungi. Jika ada masalah maka akan lebih mudah datang ke tempatnya secara langsung.
  2. Memiliki struktur kepengurusan yang jelas, diberitahu nama-nama pengurus dari fintech tersebut, juga pihak yang bertanggungjawab atas produk keuangan mereka.
  3. Sudah terdaftar dalam OJK, hendaknya pilih juga fintech yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan dan telah diawasi oleh mereka, ini berhubungan dengan keamanan, apakah lembaga tersebut sudah memenuhi standard keamanan atau tidak, jika belum pastinya mereka belum terdaftar dalam OJK.
  4. Menerapkan bunga yang masuk akal, pemberian bunga kepada nasabah juga tidak asal, melainkan bunga yang ditetapkan oleh lembaga tersebut benar-benar sesuai dengan standard keamanan yang ada. Jadi tidak akan terlalu memberatkan debitur, termasuk dalam memberikan biaya tambah yang lainnya.
  5. Memiliki layanan pengaduan, fintech yang bagus hendaknya juga memiliki nomor untuk layanan pengaduan jika seandainya ada masalah yang dihadapi oleh debitur, misalnya tidak puas dengan kinerja dan sebagainya.

 

Itulah beberapa kriteria pinjaman online terbaik yang patut Anda ketahui, sehingga nantinya tak akan salah pilih. Masalah keuangan hendaknya diselesaikan dengan tepat, ambil pinjaman tidak masalah asalkan lewat lembaga yang tepat dan pastinya Anda sendiri juga mampu untuk melunasi hutang tersebut. Tak semua pinjaman online merugikan, asalkan memang Anda bisa secara cermat memilih yang terpercaya. Untuk itulah penting dalam melakukan survey terlebih dahulu.