Review Suzuki Ertiga
Eksterior Suzuki Ertiga
Di sektor tampilan fisiknya atau sektor eksterior pada spesifikasi Suzuki Ertiga ini tampaknya memiliki konsep yang hampir mirip dengan yang diterapkan pada pembaruan di tahun 2018 lalu.

Meski begitu, jika diteliti secara lebih element, memang sedikit ada perbedaan. Salah satunya yaitu penyematan fog lamp pada tipe GL, sama seperti pada tipe GX.

Sedangkan untuk headlamp yang diusung Suzuki Ertiga 2019 ini, akan mengusung desain yang lebih pipih dan sporty layaknya model headlamp pada mobil masa kini. Bahkan, headlamp tersebut sudah menganut teknologi proyektor LED yang mana juga sudah dipermak dengan Black Bezel Fog lam.

Di sisi lain, Suzuki Ertiga mannequin 2019 ini pun juga akan mengusung grille yang lebih elegan berlapis chrome (tipe GL dan GX) plus emblem ā€œSā€ khas Suzuki yang begitu elegan.

Tak sampai di situ saja, pada bagian samping dari Suzuki Ertoga terbaru ini, tampak garis lurus yang cukup tegas dari depan sampai pada bagian buritan melalui deal with door yang menyiratkan kesan dinamis dan sedikit berotot.

Tak ketinggalan pula bahwa penyegaran pada Low MPV buatan Suzuki ini juga diterapkan dan disegarkan melalui penyematan desain New Alloy Wheels Two Tone Black Polished yang diklaim menambah kesan premiumnya.

Sementara itu, di bagian belakang terlihat pada lampu yang mana kali ini dirancang dengan konsep yang memanjang kemudian menyiku dan sudah berteknologi LED.

Sontak saja, jika melihat lampu yang diusung MPV buatan Suzuki baru ini akan terbayang beberapa mannequin lampu dari beberapa pabrikan seperti, Jazz hingga Xpander.

Di sisi lain, pada bagian belakang pun juga akan dilengkapi dengan fitur Chrome Back Door dan Parking Censor (tipe GL dan GX).

Tentu, secara keseluruhan jelas jika perombakan pada sisi eksterior dari spesifikasi Suzuki Ertiga yang mengedepankan sisi dinamis dan sporty ini agaknya bakal mampu meningkatkan minat konsumen terhadap Low MPV buatan PT SIS ini.

Interior Suzuki Ertiga
Pada pembahasan selanjutnya, memasuki bagian inside pada spesifikasi Suzuki Ertiga 2019 ini, kawan-kawan akan disajikan ruang kabin yang begitu menawan.

Dimana, ada sejumlah pembaruan yang diterapkan di sektor interiornya ini. Meski tak terlalu berbeda dengan mannequin sebelumnya namun agaknya perubahan yang disematkan kali ini cukup menarik.

Dimana, khusus untuk varian Suzuki Ertiga GX, akan hadir dengan dashboard baru bermotif kayu (Wooden Pattern) yang dilengkapi paket Head Unit Touch Screen Audio. Yang mana, di dalamnya terdapat beberapa fitur entertainment yang siap memberikan kenyamanan pada penumpang.

Selain itu, pada head unit dari dashboard Ertiga varian GX ini juga dilengkapi colokan USB dan panel AUX untuk mendengarkan musik kesukaan.

Sementara itu, untuk menunjang kestabilan suhu, Suzuki juga menyematkan fitur Digital Panel AC Auto yang dibekali dengan Heater.

Di samping itu, pada Suzuki Ertiga model terbaru ini juga mengusung Desain Meter Cluster yang lebih trendy dengan layar MID yang begitu informatif.

Bahkan, untuk setir kemudinya dibuat lebih nyaman berkat desain baru disertai ornamen kayu (Wooden Pattern).

Selain itu, Switch Audi Control dan pengaturan Bluetooth Connection pun juga turut disematkan pada setir kemudi dari Ertiga ini.

Selanjutnya, untuk memberikan tampilan interior yang lebih elegan maka tempat duduk pun dibuat lebih fleksibel. Dimana, kali ini kursi depan dirancang dengan motif baru berupa Two Toned Sit Color Pattern yang dilengkapi Seat Height Adjuster sehingga tinggi tempat duduk bisa diatur sedemikian rupa.

Bahkan, untuk memaksimalkan ruang kabin, di kursi baris ke dua akan disematkan Split Single Folding dan Sliding Second Row untuk memudahkan penumpang ke baris ke tiga.

Tentu saja, sektor inside atau kabin pada Suzuki Ertiga tersebut bakal mampu menunjang kenyamanan ekstra kepada setiap penumpang.

Dimensi Suzuki Ertiga
Beranjak pada ulasan selanjutnya, kini Mas Sena bakal mengulas soal dimensi dari spesifikasi Suzuki Ertiga.

Selain memiliki tampilan yang cukup mencolok, ternyata PT SIS pun juga menghadirkan MPV buatannya tersebut dengan ukuran bodi yang berbeda.

Dimana, kali ini rombakan juga diterapkan pada ukuran dimensinya yang kini lebih besar dari versi pendahulunya. Hal ini terlihat dari panjang keseluruhan mencapai four.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Sehingga, sangat wajar jika bodi dimensi dari Suzuki Ertiga terkesan lebih besar dan memanjang dari generasi pertamanya. Hal tersebut pastinya akan membuat ruang kabin dari MPV yang berkapasitas 7 penumpang ini terasa lebih lega.

Di sisi lain, mobil yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 45 liter ini pun juga akan dilengkapi dengan sokongan kaki-kaki nan tangguh.

Salah satunya yaitu disematkannya suspensi MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di sektor belakang.

Tentu saja, keberadaan kedua suspensi yang diusung Suzuki Ertiga tersebut akan membuat keseimbangan menjadi lebih maksimal dan mampu meredam getaran saat melalui jalanan yang tak rata atau bergeronjal.

Di sisi lain, pada sektor kaki-kakinya pun juga diketahui akan mengusung velg trendy Alloy 15 inci dan berbalut ban yang berukuran 185/sixty five R15.

Tak sampai di situ saja, bahkan pda bagian kaki-kaki dari Suzuki Ertiga ini pun juga sudah disematkan dua tipe rem, yaitu Ventilated Disc yang terpasang di bagian depan dan rem Leading/Training Drum pada sektor belakang.

Menariknya, sektor pengereman pada mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi ABS dan EBD yang akan membuat sistem pengereman menjadi lebih sempurna.

Tentu saja, dengan rangka dimensi yang lebih besar dan kaki-kaki nan tangguh tersebut maka akan membuat spesifikasi Suzuki Ertiga mannequin 2018 ini semakin sempurna.

Fitur Suzuki Ertiga
Nah, berkaca pada keunggulan tentu pembahasan spesifikasi Suzuki Ertiga model 2019 kali ini tak akan lepas dari ulasan mengenai fitur-fitur apa saja yang akan disematkan.

Untuk fitur keamanan dan kenyamanan, New Ertiga ini sudah lengkap fitur-fitur fungsional seperti contohnya adalah rem ABS plus EBD yang siap mempermudah proses pengendalian kecepatan mobil secara maksimal.

Pada bagian sistem audio, Suzuki Ertiga sudah dibekali dashboard modern bermotif kayu yang dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio. Dimana, di dalamnya terdapat beberapa fitur leisure yang siap menghibur penumpangnya.

Di sisi lain, pihak Suzuki juga telah melengkapi Low MPV ini dengan Dual SRS Airbag sebagai fitur pelindung penumpang bagian depan.

Lalu, kecanggihan Suzuki Ertiga ini juga nampak dengan adanya fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan.

Fitur ini akan berfungsi saat terjadi kecelakaan sehingga secara otomatis pintu tak akan mengunci. Tak lupa pula, sabuk pengaman juga telah dihadirkan di semua kursi pada mobil ini.

Selain itu, dari spesifikasi Suzuki Ertiga juga sudah dilengkapi fitur ISOFIX yang akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan maksimal bagi penumpang balita.

Mesin Suzuki Ertiga
Ternyata, pembaruan pada spesifikasi Suzuki Ertiga ini pun juga diterapkan pada sektor dapur pacunya pula. Tentu saja, penerapan teknologi mesin baru pada Low MPV buatan PT SIS kali ini tak lepas dari penyesuaiannya dengan pembaruan pada beberapa sektor.

Dimana, dalam kaitannya dengan mesin pacu, kali ini diketahui bahwa Suzuki Ertiga akan mengusung mesin baru tipe K15B dengan teknologi DOHC VVT berkapasitas 1.5 liter (1.462 cc) empat silinder. Mesin ini kemudian dipasangkan dengan pilihan transmisi guide lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT.

Menariknya, kombinasi mesin dan transmisi tersebut akan mampu menghasilkan power maksimum hingga 104,7 PS (103.2 Tk) pada putaran ke 6.000 rpm dan sanggup meraih puncak titik torsi maksimum hingga 138 Nm per 4.400 rpm.

Tak hanya itu, untuk konsumsi sistem bahan bakarnya sendiri masih menggunakan teknologi MPI (Multi Point Injection) yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi semakin irit dan efisien.

Tentu saja, dengan pembaruan tipe mesin pada spesifikasi Suzuki Ertiga mannequin terbaru tersebut maka tak heran jika performanya lebih handal dan pastinya ramah lingkungan.