Harga Suzuki Ertiga 2019– Persaingan mobil MPV di Indonesia semakin ketat. Beragam mobil MPV baru telah diluncurkan, seperti Wuling Cortez, Wuling Confero hingga Mitsubishi Xpander. Ketiganya siap menantang Suzuki Ertiga yang selama ini bersaing di segmen MPV melawan Avanza dan Xenia. Hadirnya lawan baru membuat Suzuki memutar akal agar mobilnya tetap diminati masyarakat Indonesia. Oleh karena itulah mereka menghadirkan varian baru yang menggunakan mesin diesel dan memiliki inside lebih modern dan mewah.

Saat pertama kali diluncurkan, Suzuki Ertiga berambisi mengalahkan penjualan Toyota Avanza yang sempat menjadi mobil sejuta umat. Hadirnya Ertiga menambah ramai persaingan mobil MPV di Indonesia yang saat ini belum ada mobil LCGC yang rata-rata dibanderol dibawah one hundred fifty Juta Rupiah. Alhasil Suzuki Ertiga sempat menjadi primadona dan menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari mobil 7 penumpang murah. Namun apakah sekarang Suzuki Ertiga masih layak dibeli ?, mari kita lihat jawabannya pada artikel spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga berikut ini.

Spesifikasi Suzuki Ertiga

1. Harga Suzuki Ertiga
Dimensi4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mmJarak TerendahJarak Sumbu Roda2.740 mmTipe MesinK14B, four Silinder, sixteen KatupKapasitas Mesin1.373 ccTenaga Maksimum92 PS / 6.000 rpmTorsi Maksimum130 Nm / four.000 rpmTransmisi5-Speed Manual / four-Speed AutomaticSistem KemudiRack pinion / Power SteeringSuspensi DepanMacPherson Strut with Coil SpringSuspensi BelakangTorsion Beam with Coil SpringRem DepanVentilated discRem BelakangLeading / Training DrumUkuran Ban185/65 R15New Ertiga merupakan generasi kedua dari Suzuki Ertiga yang membawa perubahan pada segi eksterior, sehingga terlihat lebih fashionable. Harga Suzuki Ertiga tipe ini dibanderol mulai Rp. a hundred ninety Jutaan. Semua varian telah dilengkapi fitur Airbag untuk mencegah cidera saat terjadi benturan. Selain itu, Suzuki menyediakan varian ABS yang bisa masbro dapatkan mulai Rp. 218 Jutaan. Harga Suzuki Ertiga tidak berbeda jauh dengan mobil MPV sekelasnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau bahkan Mitsubhisi Xpander.

Sebanding dengan harga Suzuki Ertiga yang melebihi a hundred ninety Juta Rupiah, mobil ini telah dilengkapi sistem penggerak roda depan yang dipadukan dengan mesin 4 Silinder berkapasitas 1.375cc. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga 92 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar one hundred thirty Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut akan disalurkan pada sistem transmisi manual 5 percepatan atau matic four percepatan. Selain itu, tersedia pula sistem pembakaran Multi Point Injection yang membuat konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga semakin irit.

Beralih ke bagian inside, Suzuki Ertiga menawarkan yang stylish dan alegan. Mobil ini belum menggunakan sistem audio berlayar touscreen, jadi masbro harus membelinya secara terpisah. Didalamnya juga tersedia 7 tempat duduk yang membuat Ertiga cocok jadikan sebagai mobil keluarga. Lalu ada pula fitur Parking Sensor yang akan sangat membantu saat pengemudi parkir mundur. Selanjutnya untuk bagian eksterior, New Ertiga telah dilengkapi chrome Front Grill (tipe GL & GX), New Chrome Fog Lamp Bezel (tipe GX), dan New Black Bezel Fog Lamp yang membuat desainnya semakin stylish.

2. Harga Suzuki Ertiga Dreza
Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza

Dimensi4.325 mm x 1.695 mm x 1.685 mmJarak TerendahJarak Sumbu Roda2.740 mmTipe MesinK14B, 4 Silinder, sixteen KatupKapasitas Mesin1.373 ccTenaga Maksimum92 PS / 6.000 rpmTorsi Maksimum130 Nm / four.000 rpmSistem Bahan BakarMulti Point InjectionTransmisi5-Speed Manual / 4-Speed AutomaticSistem KemudiRack pinion / Power SteeringSuspensi DepanMacPherson Strut with Coil SpringSuspensi BelakangTorsion Beam with Coil SpringRem DepanVentilated discRem BelakangLeading / Training DrumUkuran Ban185/65 R15Harga mobil Suzuki ini lebih mahal dibandingkan harga Suzuki Ertiga standar. Pasalnya Suzuki telah melakukan penyegaran pada bagian eksterior yang membuat Ertiga Dreza terlihat lebih fashionable dan elegan. Interior Ertiga Dreza juga lebih mewah, karena terdepat instrumen kayu di trim pintu bagian depan. Lalu ada pula 7 tempat duduk yang menggunakan material berkualitas tinggi untuk menjaga kenyamanan semua penumpang. Tidak hanya itu, Suzuki juga melengkapi Suzuki Ertiga Dreza tipe GS dengan sistem audio video yang menggunakan layar sentuh berukuran 9 inci.

Fitur mobil ini memang lebih lengkap, jadi jangan heran apabila harga Suzuki Ertiga Dreza dibanderol melebihi 220 Juta Rupiah. Sayangnya Suzuki tidak melakukan perubahan pada segi mesin, karena masih menggunakan mesin K14B berkapasitas 1.373cc yang dimaksimalkan performanya oleh sistem penggerak roda depan. Sama seperti Ertiga standar, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga mencapai ninety two PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar one hundred thirty Nm pada putaran four.000 rpm.

Sistem pengereman ABS dan EBD menjadi fitur wajib pada setiap tipe Suzuki Ertiga Dreza. Kedua sistem pengereman tersebut akan mengoptimalkan rem depan bertipe cakram dan rem belakang tromol, sehingga mobil tidak mudah tergelincir saat mengerem mendadak. Kemudian untuk bagian suspensi menggunakan suspensi depan bertipe MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring. Lalu ada pula velg ring 15″ yang dipadukan dengan ban berukuran 185/sixty five R15.

3. Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Dimensi4265 mm x 1695 mm x 1.685 mmJarak TerendahJarak Sumbu Roda2.740 mmTipe MesinD13A, DDiS, DOHC, SHVS, four Silinder, 16 KatupKapasitas Mesin1,248 ccTenaga Maksimum89 PS / 4.000 rpmTorsi Maksimum200 Nm / 1.750 rpmSistem Bahan BakarDirect InjectionTransmisi5-Speed ManualSistem KemudiRack pinion / Power SteeringSuspensi DepanMacPherson Strut with Coil SpringSuspensi BelakangTorsion Beam with Coil SpringRem DepanVentilated discRem BelakangLeading / Training DrumUkuran Ban185/65 R15Inilah salah satu mobil diesel termurah di Indonesia. Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid cukup terjangkau, karena dibanderol sekitar 225 Juta Rupiah. Pemakian mesin diesel berteknologi hybrid membuat performa mobil ini semakin bertenaga dan bahan bakar semakin irit. Untuk mesinnya sediri menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.248cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 89 PS pada putaran mesin four.000 rpm dan torsi mencapai 200 Nm pada putaran 1.750 rpm. Mobil ini juga mengunakan sistem bahan bakar Direct Injection dan teknologi teknologi Idle Start/Stop System yang membuat mesin semakin irit.

Sebanding dengan harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, kita juga mendapatkan fitur Dual SRS Airbag yang akan melindungi supir dan penumpang depan saat terjadi benturan. Sistem pengeremen canggih dengan teknologi ABS + EBD semakin menyempurnakan sistem keselamatan mobil ini, sehingga kita tidak perlu khawatir roda terkunci saat mengerem mendadak. Sayangnya tidak ada fitur Hill Start Asisst ataupun Vehicle Stability Control yang rata-rata dimiliki mobil MPV sekelasnya.

Fitur Headlamp dengan Leveling menjadi salah satu fitur andalan Ertiga Diesel Hybrid. Sayangnya untuk bagian depan belum menggunakan tenologi LED. Sedangkan untuk bagian belakang dilengkapi sensor parkir four titik dan Rear Defogger atau kaca anti kabut. Selanjutnya untuk bagian inside memiliki fitur AC Heater yang memberikan kenyamanan berkendara di cuaca dingin. Lalu ada pula fitur Day Night Mirror dan Gear Shift Indicator yang membuat kita semakin nyaman mengendarai mobil MPV 7 penumpang ini.

Harga Suzuki Ertiga Terbaru

Daftar Harga Suzuki Ertiga 2019
Harga Suzuki Ertiga GL A/TRp. 219,500,000Harga Suzuki Ertiga GL M/TRp. 206,500,000Harga Suzuki Ertiga GA M/TRp. 190,000,000Harga Suzuki Ertiga GX A/T ABSRp. 218,000,000Harga Suzuki Ertiga GX M/T ABSRp. 218,000,000Harga Suzuki Ertiga Dreza GS A/TRp. 244,000,000Harga Suzuki Ertiga Dreza GS – M/TRp. 231,000,000Harga Suzuki Ertiga Dreza A/TRp. 237,000,000Harga Suzuki Ertiga Dreza M/TRp. 224,000,000Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid M/TRp. 225.000.000Harga Terbaru :Daftar Harga Mobil SuzukiNote :

* Informasi harga Suzuki Ertiga di atas merupakan harga OTR Jakarta
* Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Seperti yang masbro lihat pada tabel di atas, harga Suzuki Ertiga 2019 dibanderol mulai Rp. 190 Juta sampai Rp. 244 Juta. Harganya bersaing dengan Mitsubishi Xpander yang notabennya merupakan mobil MPV baru. Meski mobil baru, namun Xpander langsung mengalahkan penjualan Suzuki Ertiga ataupun Toyota Avanza, sehingga berpotensi menjadi mobil sejuta umat menggantikan Avanza yang selama ini memegang gelar tersebut. Untungnya Mitsubishi tidak menyediakan varian Diesel, karena bisa semakin memperburuk penjualan Suzuki Ertiga di Indonesia.

Kelebihan Suzuki Ertiga
* Harga Suzuki Ertiga tetap kompetitif melawan mobil MPV lainnya yang beredar di Indonesia
* Memiliki desain eksterior yang trendy dan terlihat elegan
* Interiornya terlihat cukup mewah dan didalamnya sudah ada 3 baris tempat duduk untuk menampung 7 orang penumpang
* Tersedia varian Diesel yang menawarkan performa lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih irit
* Semua varian telah dilengkapi fitur Dual SRS Airbag sebagai fitur wajib untuk mencegah pengendara cidera saat terjadi benturan
* Tersedia beberapa varian yang menggunakan sistem pengereman ABS + EBD
* Konsumsi bahan bakar mobil ini tergolong irit dan performanya bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari
* Suspensi sangat nyaman dan empuk

Kekurangan Suzuki Ertiga
* Belum menggunakan sistem pencahayaan berteknologi LED
* Tidak ada fitur keselamatan berupa Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control
* Sistem kemudinya belum dilengkapi fitur Tilt & Telescopic Steering
* Untuk varian standar belum dilengkapi sistem audio berlayar sentuh

Sebelum muncul Xpander, Suzuki Ertiga menjadi lawan tangguh Toyota Avanza dalam merebutkan posisi sebagai mobil keluarga terbaik di Indonesia. Keduanya bersaing sengit dan berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Selain itu, Suzuki bersaing melawan Honda Mobilio yang sama-sama dipersiapkan untuk melawan Avanza. Namun sekarang semua berubah, karena Xpander sedang naik daun dan langsung merebut hati masyarakat Indonesia yang selama ini menyukai mobil MPV. Lalu bagaimana dengan masbro, apakah masih tertarik membelinya setelah menyimak ulasan spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga di atas ?